Menegakkan Shalat Merupakan Salah Satu Rukun Islam

#FiqihSunnah2
.
A. Kewajiban Shalat
Shalat adalah tiang agama. Barangsiapa menegakkannya, berarti dia telah menegakkan agama ini. Dan barangsiapa meninggalkannya, berarti dia telah merobohkan agama ini.
.
Sesungguhnya Allah –subhanahu wa ta’ala- telahh mewajibkan shalat lima waktu sehari semalam bagi setiap muslim dan muslimah. Tidak seorangpun diberi udzur (alasan) untuk meninggalkannya. Bahkan meskipun dia sedang sakit, safar (bepergian), atau berperang di jalan Allah.
.
Seorang muslim dimanapun dia berada dia harus menunaikan shalat. Di masjid ataupun di sekolah. Baik dalam keadaan sehat ataupun sakit, masih kecil ataupun sudah besar.
.
B. Hikmah Shalat
Allah –subhanahu wa ta’ala- menyeru kita untuk shalat. Karena shalat menghubungkan seorang muslim dengan Rabbnya. Dia berbisik-bisik dengan Allah, menyebut-Nya, meminta ampunan-Nya, dan memohon kepada-Nya. Sehingga sucilah jiwanya dan bersih hatinya. Shalat akan melepaskan kita dari berbagai kesedihan. Shalat juga melapangkan kita dari berbagai permasalahan kehidupan. Dengan shalat, seorang muslim membersihkan diri dengan air dari segala sesuatu yang melekat padanya. Dia juga membersihkan diri dari dosa-dosa.
.
C. Keutamaan Menegakkan Shalat
Shalat adalah amalan yang paling penting, paling utama, dan paling dicintai Allah –subhanahu wa ta’ala-. Shalat adalah cahaya yang menerangi jalan seorang muslim dan muslimah di dalam kehidupan. Shalat juga mencegah dari keungkaran dan perbuatan keji. Sebagaimana firman Allah –subhanahu wa ta’ala-:
“Sesungguhnya shalat itu mencegh dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar.” (Al ‘Ankabut: 45)
.
Rasulullah –shallallahu’alayhi wa sallam- bersabda:
“Kebersihan adalah setengah dari iman. (Ucapan) Alhamdulillah memenuhi timbangan, dan (ucapan) Subhanallah walhamdulillah memenuhi antara langit-langit dan bumi, sedangkan shalat adalah cahaya.” (HR. Muslim, Ahmad, dan Ad Darimi)
.
Ibnu Mas’ud –radhiyallahu’anhu- berkata:
“Aku bertanya kepada Rasulullah –shallallahu’alayhi wa sallam-: “Amalan apa yang paling dicintai Allah –subhanahu wa ta’ala-?” Beliau –shallallahu’alayhi wa sallam- menjawab: “Shalat tepat pada waktunya.” (HR. Al Bukhari, Muslim, An Nasa`i, dan Ahmad)
.
Jika seorang muslim berwudhu lalu datang waktu shalat, kemudian dia shalat dan mengerjakannya dengan khusyu’, makan Allah akan mengampuni dosa-dosanya dan menutup aib-aibnya. Dia pun keluar dari shalatnya dengan dada lapang dan hati gembira.
.
Hendaknya kita menjaga shalat kita pada waktunya.
.
Hendaknya kita menjaga kekhusyu’an kita di dalam shalat kita.
.
[Disalin dari buku Fiqih Sunnah untuk Anak karya Majdi Fathi as Sayyid terbitan Pustaka Ar Rayyan edisi edisi Pertama tahun 2010]
.
Dipublikasian oleh Tim Beranda Islami
.
=======
.
Judul yang akan hadir -Insya Allah-:
Shalat Adalah Penghapus Dosa, Kebersihan, dan Keteraturan
.
Ingin mendapatkan update terbaru dari kami? Mari bergabung:
Gabung Group WhatsApp Beranda Islami: 081392442287
Kunjungi Blog: http://www.berandaislami.wordpress.com
FB Page: http://www.facebook.com/kesucianjiwa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s