Shalat Adalah Penghapus Dosa, Kebersihan, dan Keteraturan

#Fiqihsunnah3
.
Shalat Adalah Penghapus Dosa, Kebersihan, dan Keteraturan
.
Shalat lima waktu akan menghapus dosa-dosa yang dilakukan seorang muslim pada waktu malam ataupun siang. Shalat lima waktu juga menghapus kesalahan-kesalahan yang diperbuat seorang muslimah pada waktu malam ataupun siang.
.
Rasulullah –shallallahu’alayhi wa sallam- bersabda:
“Shalat lima waktu, Jumat ke Jum’at berikutnya, dan Ramadhan ke Ramadhan berikutnya merupakan penghapus dosa antara keduanya selama seseorang tidak melakukan dosa besar.” (HR. Muslim, Ahmad, dan Ad Darimi)
.
‘Melakukan dosa besar’ yakni dia terjatuh di dalamnya lalu ditulis sebagai dosa atasnya.
.
Shalat juga mengajarkan kepada kita keteraturan. Orang-orang muslim berdiri dalam shaf-shaf yang teratur rapi. Telapak kaki merapat kepada telapak kaki orang yang di sebelahnya, bahu juga merapat kepada bahu orang yang di sebelahnya.
.
Shalat juga mengajarkan kepada kita kebersihan. Seorang muslim bersuci lima kali dalam setiap hari, pada waktu-waktu yang teratur.
.
Sehingga shalat memperbaiki urusan dunia kita dan mengingatkan kita kepada akhirat. Shalat merupakan penghubung antara seorang muslim dengan Rabbnya. Tatkala shalat, kita mentauhidkan Allah sehingga tidak ada ilah yag benar bagi kita kecuali Dia. Kita juga beribadah, bersyukur, meminta ampun, dan memohon serta meminta kepada-Nya. Sehingga ruh-ruh kita pun menjadi bersih, jiwa-jiwa kita menjadi baik, dan cita-cita serta harapan-harapan kitapun terwujud.
.
Berhati-hatilah selalu dari meninggalkan shalat atau melalaikan pelaksanaannya. Sesungguhnya Allah –subhanahu wa ta’ala- telah memperingatkan kita dari hukuman melalaikan shalat.
.
[Disalin dari buku Fiqih Sunnah untuk Anak karya Majdi Fathi as Sayyid terbitan Pustaka Ar Rayyan edisi edisi Pertama tahun 2010]
.

Dipublikasian oleh Tim Beranda Islami
.
=======
.
Judul yang akan hadir -Insya Allah-:
Peringatan Dari Melalaikan Pelaksanaan Shalat
.
Ingin mendapatkan update terbaru dari kami? Mari bergabung:
Gabung Group WhatsApp Beranda Islami: 081392442287
Kunjungi Blog: www.berandaislami.wordpress.com
FB Page: www.facebook.com/kesucianjiwa

Leave a comment